Memilih Catu Daya DC yang Tepat Untuk Aplikasi Anda

Suratekno.com – Catu Daya DC adalah perangkat elektronik yang agak mendasar, namun ada ratusan produk Catu Daya DC di pasaran dari selusin produsen. Mempersempit produk terbaik untuk aplikasi dan anggaran Anda bisa menjadi tugas yang menakutkan. Artikel ini membahas pembeda, fungsi, dan aplikasi Catu Daya DC yang paling cocok untuknya. Fokus artikel ini adalah Catu Daya DC yang digunakan oleh para insinyur, produsen, profesional berkualitas, dan penggemar elektronik untuk keperluan R&D, manufaktur, dan pengujian.

Catu Daya dapat berkisar dari harga $50 hingga $20.000 dan biayanya sering kali berbanding lurus dengan jumlah daya yang dihasilkan perangkat. Fungsi utama dari power deliver adalah untuk mengatur tegangan dan arus keluaran. Dibutuhkan daya enter dan mengatur daya output untuk menegakkan tegangan dan arus yang konstan. Dalam hal Catu Daya DC, daya input diubah dari arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Ada dua tipe dasar Catu Daya DC yang diatur: Linear dan Switching.

Trending :  Teknologi yang Berkembang dan Sistem Suara Otomatis

Catu daya linier tidak pernah dapat menghasilkan tegangan yang lebih tinggi daripada sumber input. Secara teori, catu daya linier yang digerakkan oleh stopkontak 110V biasa hanya bisa menghasilkan 110V, dengan asumsi perangkat itu 100% efisien. Secara realistis, tidak ada catu daya yang efisien 100% karena konversi daya selalu menghasilkan kehilangan energi, biasanya dalam bentuk pembuangan panas. Oleh karena itu, catu daya linier biasanya menghasilkan tegangan yang jauh lebih kecil daripada enter.

Mengalihkan catu daya dapat menaikkan, menurunkan, atau membalikkan tegangan enter. Mengalihkan catu daya biasanya lebih besar, lebih berisik, dan lebih mahal daripada rekan liniernya, namun, beralih catu daya biasanya lebih efisien.

Memilih catu daya DC yang tepat untuk aplikasi Anda memerlukan definisi beberapa spesifikasi desain dasar: rentang tegangan, rentang arus, jumlah output, kebersihan daya (dikenal sebagai “riak”) dan kemampuan software. Secara umum, semakin tinggi tegangan output dan semakin rendah riak, semakin mahal Power Supply DC. Beberapa output dan fitur programabilitas juga akan menambah biaya.

Trending :  Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Catu Daya DC paling murah ideal untuk penggemar elektronik dan aplikasi elektro-mekanis dasar di mana hanya daya mentah yang diperlukan. Kemungkinan perangkat yang diberdayakan dalam aplikasi ini sudah memiliki fitur pengkondisian daya yang menghilangkan kebutuhan akan daya input presisi. Daya rendah, keluaran tunggal, catu daya DC kisaran harga dari $50 sampai $200.

Catu daya kelas menengah paling cocok untuk proyek laboratorium non-kritis yang melibatkan aplikasi elektro-mekanis yang lebih canggih atau pengujian tingkat papan dasar. Catu daya kisaran menengah mungkin memiliki beberapa keluaran, peringkat daya yang lebih tinggi, riak dan presisi yang lebih rendah, pengukuran digital (+/- .001V, +/- .01A). Catu daya DC kelas menengah bisa linier atau switching dan harganya bisa berkisar dari $two hundred hingga $1.000.

Trending :  Teknologi Anti Peluru untuk Masa Depan yang Lebih Cerah: Honda Accord 2006

Aplikasi kelas atas yang membutuhkan tegangan keluaran tinggi, kemampuan application tingkat lanjut (Antarmuka PC GPIB), banyak keluaran, dan riak yang sangat rendah harus menganggarkan lebih dari $1.000 untuk catu daya DC mereka. Banyak laboratorium, R&D, dan aplikasi pengujian dapat dengan mudah menghabiskan $5.000 hingga $10.000 per catu daya.

Artikel ini telah memperkenalkan beberapa fitur dasar dan aplikasi Catu Daya DC. Sebelum melakukan pembelian akhir Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan produsen dan benar-benar memahami semua spesifikasi produk tertentu. Memilih Catu Daya DC terbaik dan paling ekonomis untuk aplikasi Anda tidak harus menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Dengan mengidentifikasi parameter desain Anda, Anda akan dengan cepat mempersempit pilihan produk ke kelas khusus produk dari hanya beberapa produsen.