Teknologi Laser

Suratekno.com – Teknologi laser digunakan di hampir setiap lingkup kehidupan, dari laser yang sangat kecil di pemutar CD hingga laser yang digunakan untuk memindai bahan makanan di antrean kasir hingga laser besar dalam desain aeronautika. Penemuan teknologi laser dan pembangunan selanjutnya dari laser yang terus meningkat telah sangat bermanfaat bagi umat manusia, terutama melalui kemajuan medis. Laser medis menyebabkan prosedur medis menjadi lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah daripada rekan tradisional mereka. Satu-satunya kelemahan adalah peningkatan biaya.

Pada tahun 1917, Albert Einstein adalah orang pertama yang menyarankan dasar-dasar apa yang akan menjadi laser, dengan membahas teori Stimulated Emission, yang merupakan jenis transisi elektron di mana foton dipancarkan dari atom yang menyebabkan reaksi berantai dengan atom lain. Untuk mengulangi tindakannya. Sebenarnya, kata laser adalah akronim dari Light Amplification by way of the Stimulation Emission of Radiation. Charles Townes, seorang fisikawan Amerika, mengembangkan lebih lanjut ide tersebut dengan cahaya gelombang mikro (tidak terlihat) pada pertengahan hingga akhir tahun 50-an dan Theodore Maiman membangun laser cahaya optik (terlihat) pertama yang berfungsi pada tahun 1960. Perbaikan dan variasi pada ratusan jenis laser terus dilakukan sejak tahun 1960-an. Mereka yang terlibat dalam mekanika kuantum telah mempelajari beberapa bentuk laser, baik dalam teori maupun dalam kenyataan, sejak tahun 1920-an. Penggunaan teknologi laser tersebar luas dan termasuk dalam bidang-bidang penting seperti medis/bedah, komunikasi, desain, manufaktur/industri, dan penelitian.

Trending :  Pocket PC dan Teknologi iPod

MEDIS/BEDAH

Kemajuan laser medis telah sangat meningkatkan kemudahan dan keberhasilan operasi. Namun, biayanya lebih besar daripada perawatan lain, meskipun jaringan parut jauh lebih sedikit dengan laser dan laser bekerja jauh lebih cepat daripada opsi bedah yang lebih lama. Sayatan lebih presisi dan lebih mudah dikontrol. Beberapa bidang medis di mana laser memiliki pilihan perawatan yang sangat halus adalah dalam bedah mata laser, onkologi, bedah saraf, kardiologi, dermatologi, bedah hewan, dan bedah gigi.

KOMUNIKASI

Televisi, telepon/telepon seluler, dan sistem komputer semuanya mendapat manfaat dari penggunaan laser. Laser mampu membawa sejumlah besar saluran dan frekuensi yang dibutuhkan oleh perangkat berteknologi tinggi ini. Laser telah membuktikan perangkat komunikasi terbaik untuk dimiliki di era ruang angkasa.

Trending :  Cara Kerja Bluetooth

RANCANGAN

Laser telah mengubah dunia desain dengan memungkinkan para desainer untuk tampil dengan presisi yang sebelumnya tidak tersedia. Laser digunakan untuk mendesain objek virtual dan tiga dimensi dengan lebih mudah dan akurat melalui pemindaian, pemotongan, penyalinan, dan pengarsipan virtual. Dari mendesain bangunan hingga mendesain lanskap, laser terbukti menjadi pilihan terbaik untuk desain yang cepat dan mudah.

INDUSTRI MANUFAKTUR

Laser telah meningkatkan kemampuan produsen untuk menghasilkan sepuluh kali lipat. Misalnya, dengan pemotong laser, produsen pakaian dapat memotong pola kain lebih cepat dan lebih akurat dalam waktu singkat. Seorang ahli perhiasan memiliki lebih banyak presisi di sisinya ketika menggunakan laser untuk mengerjakan permata yang bagus. Perancang pesawat dapat membuat pesawat dengan lebih efisien dan dengan hasil yang lebih baik menggunakan teknologi laser.

Trending :  10 Harga Mobil Lamborghini Termahal di Dunia Terbaru

RISET

Penggunaan laser dalam penelitian memungkinkan para ilmuwan untuk mengungkap lebih banyak element dan mendeteksi gerakan yang sangat kecil ketika mempelajari materi. Laser dapat disesuaikan untuk hanya menanggapi warna atau gerakan tertentu dan, dengan cara itu, mereka memberikan pekerjaan yang jauh lebih khusus di lingkungan penelitian.

Dunia teknologi laser selalu berkembang dengan menghasilkan aplikasi dan cara baru untuk memberi manfaat bagi orang-orang. Ketergantungan budaya current pada laser sangat menakjubkan mengingat hal itu tidak lazim sampai empat puluh tahun terakhir.